Selasa, 11 Juni 2013

Tips Menjadi Guru Matematika yang Insipratif


Guru Matematika. Mendengarnya saja mungkin membuat sebagian orang menjadi enggan. Bagaimana tidak, jadi guru matematika itu tidak mudah. Namun juga tidak susah..bingung ya... simak ulasan berikut ya..

Suatu ketika ada anak kecil yang ngambek ga mau masuk sekolah lagi. Siang itu sepulang sekolah si anak merajuk ga mau sekolah. Sang ibu bertanya-tanya ada apa gerangan nak, ibumu ini membayar mahal untukmu sekolah. Si anak tanpa dosa bilang "Habis tiap hari belajar matematika mulu bikin pusing, udah gitu gurunya galak banget, pokoknya ga mau sekolah lagi "... berbagai cara coba sang ibu terapkan. mulai dari membujuk hingga memaksa (dengernya sadis ya). Tapi apa mau dikata si anak tetep kekeh sama pendiriannya. masak cuma gara-gara matematika jadi ngambek sekolah?

Pembaca yang budiman, apa gerangan yang terjadi dari cerita di atas? kira-kira kenapa ya bisa seperti itu? terus sang ibu musti gimana biar ga terus-terusan begitu? salah siapa sebenarnya?

kasih koment ya yang berisi tips-tips seru, unik, aneh mungkin buat jadi guru matematika...share sebanyak-banyaknya biar ilmu ini tertular...

1 komentar:

  1. Makasih sudah berkunjung di blog saya
    <a href="http://ikubarunovryan.blogspot.com/2013/05/cara-mudah-belajar-matematika.html?showComment=1370962187191#c3038255729133995316>Matematika></a>

    Menurut saya hal diatas mungkin diakibatkan kesalahan pola mengajar dari guru matematika itu sendiri, misalnya dalam mengajar lebih terkesan kaku dan hanya menyampaikan materi saja, tanpa memperhatikan siswa itu mengerti atau tidak.

    Pernah saya pengalaman berkenaan dengan guru matematika saya dahulu di SMP. Ia pernah berkata bahwa guru matematika itu paling tidak suka humor. Dari sinilah maka siswa akan terpatri bahwa guru matematika itu kaku. Kalau sudah kaku bagaimana siswa mau mengerti?

    Lain lagi dengan guru matematika di SMA saya. Di SMA guru matematika saya lebih menekankan bahwa siswa itu harus mengerti darimana asal perhitungannya, selain itu juga guru matematika di SMA saya selalu meberi motivasi dan mau akrab dengan siswa yang diajarnya. Dengan hal ini Alhamdulillah banyak siswa yang tadinya kurang mengerti matematika, menjadi lebih tertarik akan matematika.

    Belajar matematika yang dituju bukan hanya materi belaka, melainkan kreativitas dan ketertarikan siswa dalam mengolah angka-angka yang ada dengan cara yang menarik

    BalasHapus